Home » , » Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar

Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar

Kamis, 28 Maret 2013 | 0 komentar

Cara mendidik anak yang baik dan benar – anak adalah anugrah yang sangat luar biasa yang di karuniakan tuhan kepada orang tua yang melahirkannya. Namun terkadang anak tersebut juga membawa hal yang buruk saat dia besar kelak jika kita tidak mendidiknya secara dini serta dengan benar saat sang anak masih balita.

Pada dasarnya anak yang masih kecil itu ibarat kertas yang masih kosong, dan kitalah yang menulisnya, mengukirnya, mewarnainya serta mengotorinya. Seperti apa kita mengajari dan mendidiknya maka kita akan mendapatkan seperti itulah akan kita lihat hasilnya ketika dia besar nanti kelak.

Namun tidak bisa di pungkiri lingkungan juga salah satu faktor yang cukup besar dalam mempengaruhi tingkah laku dan juga tabiat anak anak kita, lingkungan yang baik akan melahirkan anak yang baik pula. Istilahnya “jika anda ingin wangi maka dekatlah dengan pedagang minyak wangi”. Berikut tips cara mendidik anak yang baik dan benar

Cara mendidik anak yang baik dan benar

  • Janganlah bertengkar di hadapan anak, sebab akan mengajarkan anak kita berkelahi, dan bersifat suka kekerasaan.
  • Usahakan jangan mengucapkan kata “jangan, tidak boleh” atau kata yang bersifat melarang kepada anak kita, saat kita tidak menyukai apa yang anak kita lakukan. Namun ucapkanlah seperti ini yang benar.
  • Jangan biarkan anak kita menonton siaran televisi yang mengandung kekerasan, misalnya tom and jerry, dan banyak lagi film kartun lainnya. Namun jika doraemon itu memiliki pesan yang baik untuk anak kita agar suka menolong.
  • Jangan terlalu cepat marah kepada anak kita, kelak anak kita juga akan menjadi pemarah karena meniru kita.
  • Saat akan tidur usahakan ceritakanlah hal hal yang baik sambil mengeluskan tangan anda di punggungnya secara perlahan, ini akan membuat mereka merasa anda sangat menyayanginya dan akan selalu ingat di dalam memori otak anak anda.
  • Jangan terlalu sibuk bekerja, luangkanlah waktu untuk anak anda, sebab jika anda lupa anak anda jangan heran kelak anak anda tidak akan mendengarkan apa yang anda katakan, bahkan yang paling buruk mereka tidak mengangap anada seagai orang tua.
  • Didiklah anak anda untuk selalu bergaul di lingkungan yang baik
Itulah beberapa tips cara mendidik anak dengan baik yang mungkin menjadi referensi anda dalam membentuk karakter anak anda secara baik.



Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks dah mampir di SDN Rampal Celaket 1 Malang

SDN Rampal Celaket 1 Malang lebih menghargai seorang junker yang meninggalkan jejak

Dari pada seorang silent rider yang cuman jadi tukang intip
Hargailah hasil karya tersebut yang sudah susah payah membuat thread dengan meninggalkan jejak walau cuman 1 atau 100 kata

 
Support : Slamet Sisyono © 2013. SDN Rampal Celaket 1 Malang
  • Slamet Sisyono