Home » » International Celaket Cross Cultural Festival (ICCCF)

International Celaket Cross Cultural Festival (ICCCF)

Jumat, 25 Oktober 2013 | 0 komentar


MALANG - Siang ini, sepanjang Jalan JA Suprapto Kota Malang bakal disulap menjadi ‘catwalk’ parade World Costume Carnival. Sedikitnya 600 peserta berbusana unik bakal ambil bagian di karnaval kostum yang melibatkan 35 negara tersebut. Parade bakal berlangsung marathon selama empat jam, dimulai pukul 13.00 WIB.

Tak hanya diikuti peserta dalam negeri, festival kostum dengan tema Unity in Diversity ini juga akan dimeriahkan puluhan delegasi luar negeri, seperti Cina, Jepang, Australia, Amerika Serikat, Jerman, Italia, Belanda, Slovakia, Ukraina hingga Brasil. Ajang prestisius ini sekaligus menandai dibukanya Festival Kampung Celaket 2013, yang dihelat sepekan penuh mulai hari ini hingga 1 November mendatang.
Selain parade kostum atraktif, warga Kota Malang juga akan dihibur tari kolosal yang dibawakan 40 penari lokal berkolaborasi dengan 30 penari asal luar negeri. “Akan diawali dengan belly dance, pertunjukan kabaret, Tari Pendhet Bali, Tari Cina Daratan, Tari Rampak Baru kemudian baru performance Tari Kolosal,” ungkap Ketua Pelaksana Festival Kampung Celaket, Hanan Djalil.

Ajang tahunan bertitel International Celaket Cross Cultural Festival (ICCCF) ini akan diikuti ribuan seniman dari berbagi penjuru dunia. Bila pada penyelenggaraan pertama, tahun lalu, hanya berlangsung tiga hari, ICCCF 2 akan digelar seminggu penuh mulai pukul 13.00-23.00 WIB. “Silahkan datang langsung ke Celaket Gang 2, berbagai pertunjukan seni bakal digeber mulai siang hingga malam,” lanjut pria yang juga pengusaha Batik Tulis Celaket Khas Malang itu.

Sejumlah kesenian yang akan ditampilkan selama seminggu penuh di Celaket Gang 2 antara lain Tari Kecak,, Legong dan Barong, Jaranan, Topeng Malang, Tari Gandrung, Tari Seblang, Tari Jentreng, Jaipong, Tari Beskalan Ludruk, Campursari hingga Bantengan. Sedikitnya 1800 seniman dari dalam dan luar negeri akan unjuk kebolehan.
Festival ini diharapkan bisa menjadi pionir yang menginspirasi kampung-kampung lain di Kota Malang untuk menggelar event serupa, yang tentunya tak kalah spektakuler. Rencananya, event kerjasama warga Celaket dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang ini bakal diresmikan oleh Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santoso.
Sementara itu, warga Celaket sendiri tampak sudah tak sabar menanti perhelatan ajang tahunan kebanggaan mereka tersebut. Tujuh RW yang ada di Kelurahan Rampal Celaket dan Samaan bakal berpartisipasi aktif. “Kami sudah siap ikut bazaar makanan dan minuman di area sekitar,” seru Ruspinuji, warga RT 06 RW 03 Kelurahan Samaan. Koordinator bazaar, Surjatmaji mengaku persiapan sudah 99 persen. “Berbagai stand sudah disiapkan. Monggo seluruh warga Kota Malang untuk mampir ke Celaket,” tukasnya.

sumber 

























Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks dah mampir di SDN Rampal Celaket 1 Malang

SDN Rampal Celaket 1 Malang lebih menghargai seorang junker yang meninggalkan jejak

Dari pada seorang silent rider yang cuman jadi tukang intip
Hargailah hasil karya tersebut yang sudah susah payah membuat thread dengan meninggalkan jejak walau cuman 1 atau 100 kata

 
Support : Slamet Sisyono © 2013. SDN Rampal Celaket 1 Malang
  • Slamet Sisyono